Wednesday, January 18, 2012

Heboh! Diperkirakan Satelit Rusia Akan Jatuh di Indonesia !

Satelit Phobos Grunt adalah satelit milik Rusia yang diluncurkan tanggal 8 Nopember 2011 lalu dan direncanakan mendarat di salah satu satelit planet Mars untuk mengambil sampel tanah dan bebatuan. Dalam perjalanannya, ternyata satelit itu mengalami kerusakan dan diperkirakan akan jatuh dan menghantam bumi.
Menurut prediksi LAPAN, satelit akan jatuh pada pukul 19.00 WIB (Kompas),tapi Ikhwan nonton seputar Indonesia tadi di perkirakan pada pukul satu lebih pada tanggal 16 Januari 2012. heheh ga tau lah yang penting waspada aja..
Satelit yang berat materialnya mencapai 200 kg tersebut jika masuk ke atmosfer bumi akan menimbulkan suara gemuruh yang hebat dan kemudian meledak. Mulai hari ini, Senin 9 Januari 2012 diperkirakan satelit Phobos Grunt akan melintasi wilayah Indonesia, tepatnya mulai tanggal 9 sampai 20 Januari 2012. Kondisi langit Indonesia bisa dipantau melalui website LAPAN (Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional).

Para ahli mengatakan, satelit, dengan berat 14,6 ton adalah salah satu pesawat terbesar yang jatuh ke Bumi, namun, ia diperkirakan tidak memiliki potensi memicu musibah bagi manusia. Meski demikian, potensi bahaya ada pada 12 ton bahan bakar roket yang belum sempat dipakai dalam perjalanannya ke Phobos — satelit Mars yang bentuknya mirip kentang penyok.

Namun, Roscosmos bersikukuh, bahan bakar akan terbakar seluruhnya, dan tak membahayakan mahluk Bumi. Roscosmos juga memperdiksi, hanya ada 20 sampai 30 fragmen satelit Phobos, dengan total berat 200 kilogram, yang lolos pembakaran atmosfer.
“Bahan bakar memang berpotensi menyebabkan bahaya mematikan jika kontak dengan manusia. Namun, saya belum pernah mendengar satu kasus pun di mana ada manusia teracuni bahan bahan bakar roket dari pesawat yang gagal atau terlantar sepanjang sejarah penerbangan luar angkasa,” kata Igor Lissov, pengamat luar angkasa independen asal Moskow.
“Fakta obyektif yang akan terjadi, ia akan terbakar saat masuk kembali ke Bumi. Tak ada alasan untuk panik.” 

Namun, sejumlah ahli yakin, bahan bakar satelit itu membeku, oleh karena itu ia bisa selamat dari pembakaran atmosfer. Akibatnya, bisa berbahaya jika ia  bocor di daerah berpenduduk.
Kekhawatiran ini dijawab insinyur dari perusahaan NPO Lavochkin, Moskow, yang membangun pesawat itu. Dalam sebuah artikel, ia mengatakan tangki bahan bakar satelit dibuat dari campuran alumunium.
Itu berarti, bahan bakar akan mencair dan terbakar saat memasuki atmosfer bumi.
Warga diminta berhati-hati dan seandainya satelit itu jatuh disekitar wilayah tempat tinggal anda dihimbau untuk segera lapor polisi dan LAPAN. Bangkai satelit itu sendiri jangan disentuh karena mengandung zat kimia berbahaya yg bisa membuat kulit melepuh. 

sumber:majalahasik.com/hebohdi-perkirakan-satelit-rusia-bakal-jatuh-di-indonesia/

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More